Jen Or Shao Wen? How Chinese Named Their Child?

05.28

Helloooo.. It's me Jen. Sebelumnya di post Herin aka Ubur"1 , dia mengenalkan gue as Shao Wen.. Nothing's wrong.. my name is also shaowen.. Here is the mandarin word => 韶妏

Maybe some of you agak bingung dengan mandarin, but its fine. Ga perlu dibingungkan kalau dalam kehidupan kita ga diperlukan. Tapi hanya untuk sekedar info aja nih blog kali ini. About how chinese named their child.

Jadi, as tionghua yang ngak tionghua-tionghua banget, karena gue itu WNI ( warga negara Indonesia ) juga yah, gue akan menjelaskan sedikit about cara-cara orang tua menamakan nama mandarin ke anaknya sepengetahuan gue aja. Jadi kalau kurang tepat, harap di mengerti dan gue sangat menerima masukan karena terkadang tionghua di daerah tertentu memiliki budaya tersendiri juga. Sekedar info gue berasal dari Sumatera.

Here it is :
1. 姓 xing4 artinya marga
Kita mulai dari marga. Jadi konon ceritanya jaman dahulu kala saat orang-orang tionghua belum melanglang buana ke mana-mana, raja mau merekap seluruh rakyatnya. Jadi diperintahkan untuk melaporkan berdasarkan keluarga mana memperanakkan siapa dan bla bla bla. Akhirnya setiap keluarga diberikanlah marga untuk mengelompokkan orang-orangnya. Nah contoh marga-marganya sebagai berikut : 陈( chen2 ) , 林( lin2 ) , 廖 ( liao4) , 洪 ( hong2 ) , 许 ( xu3) , 游 ( you2 ) , 王 ( wang2 ) , 吴 ( wu2 ) 黄 ( huang2 ) , 白 ( bai2 ) , 司马 ( si1ma3 ) , 李 ( li3 ) , 杨 ( yang2 ) , 钟 ( zhong1 ) ,   周 ( zhou1 ). Ini hanya sebagian kecil saja dari marga yang gue tau, soalnya di dunia ini ada ratusan marga. Jadi wajar saja kalau kita hanya tau beberapa. Ini juga gue sebut yang kebetulan kenal orangnya aja. Sorry yang ga kesebut marganya ya. Seperti yang kita lihat di atas, ternyata marga ngak cuma 1 huruf, bisa juga 2 huruf. Tapi kita ga bisa bikin sendiri juga marganya dengan menggabung-gabungkan sendiri, karena marga yang 2 huruf memang sudah dari sananya 2 huruf, bukan digabungkan sendiri.

2.字辈 zi4bei4 artinya sih menunjuk ke nama tengah dari nama seseorang, pokoknya huruf setelah marga. Kalau minta di translate bingung apa bahasanya. Jadi 1 marga biasanya memilih huruf-huruf tertentu untuk dijadikan nama tengah untuk mendeteksi sudah keturunan keberapakah kita. Biasanya hanya marga sendiri yang tau sampai detail-detail seperti ini. Tapi banyak juga orang yang sudah tidak tau lagi sudah keturunan keberapa, jadi nama tengah sudah tidak berdasarkan ketentuan dari generasi awal lagi. Jadi milih sendiri aja yang artinya bagus. Ada juga yang mengetahui dengan jelas setiap nama tengah generasinya, tapi hanya menamai anak prianya saja dengan nama generasi. Karena seperti yang kita ketahui, anak pria yang biasa akan meneruskan marga dan generasi, jadi yang penting anak pria saja yang tau generasi dan asal usulnya. Anak perempuan bebas mau dikasih nama apa.

3. Huruf ketiga tidak ada ketentuan seperti apa. Bebas mau dinamai apapun.

Contoh kita pakai nama yang terkenal aja ya.. jay zhou => 周杰伦  周 zhou1 = marga 杰 jie2 = nama tengah 伦 lun2 = nama orangnya.

Nah, kurang lebihnya seperti itu. Jika ada tambahan yang lain, boleh komen aja ya.
See you on next post..

Btw here's the link for my blog
splendidwenwen.blogspot.com

You Might Also Like

0 komentar

<3

Popular Posts

LATEST POSTS